Pages

Senin, 14 Juli 2014

Pengertian Penyakit TBC Serta Apa Saja Tanda Gejala Awalnya

PENGERTIAN PENYAKIT TBC SERTA APA SAJA TANDA GEJALA AWALNYA

Penyakit TBC adalah suatu penyakit yang bisa dikatakan berbahaya dan mematikan, dan penyakit ini di sebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. Dan perlu anda ketahui bahwanya penderita penyakit TBC sangat banyak di Indonesia, mungkin pengidah sudah mencapai 429 ribu orang dan penyakit TBC ini menyerang pada masa prosuktif.

Penyakit TBC jika tidak diobati maka akan merusak paru-paru. Dan jika ini sudah terjadi maka akan membuat oksigen yang masuk ke paru-paru sangat sedikit dan ini akan melemahkan tubuh si penderita dan alhasi si penderita TBC inipun dapat meninggal.


penyakit tbc

JENIS JENIS PENYAKIT TBC (Tuberculosis)


  • Basil TBC manusia.
  • Basil TBC sapi.
  • Basil TBC burung.

Dari ketigga jenis TBC di atas ternyata manusia dapat tertular dari jenis TBC manusia atau basil TBC sapi. Penyakit TBC ini masuk kedalam tubuh manusia bersama-sama udara yang dihirup, TBC yang tertular awalanya ringan akan tetapi seiring berjalannya waktu maka penyakit TBC ini dapat berkembang.

GEJALA PENYAKIT TBC (Tuberculosis)

Pada awalnya penularan penyakit TBC ini tidak begitu bisa di deteksi dan jika sudah masuk maka tubuh mengadakan perlawanan terhadap luka yang disebabkan oleh TBC. Kadang-kadang penyakit TBC yang dianggap sudah sembuh akan tetapi suatu saat penyakit TBC ini dapat kembali dimasa yang akan datang.
Gejala yang dapat muncul pada awal gejalanya berupa penderita dapat merasakan berubah rasa yang tidak sehat dan juga batuk.

Batuk ini biasanya disertai dengan batuk dahak dimana pada pagi hari dahak tersebut dapat keluar dan sedikit mempunyai warna yaitu hijau dan juga kuning, warna ini dapat berubah apabila penyakit bertambah parah dan perubahan ini terjadi dikarenakan adanya darah yang keluar dengan dahak dan darah inilah yang memberikan warna merah pada dahak penderita dan tentunya apabila telah sampai ketahapan ini maka sangatlah membahayakan bagi penderitanya karena dapat mengakibatkan kematian dan sebaiknya di tangani dengan serius.

Berikut ini jenis gejala penyakit TBC 

  • Nyeri dada dan sesak nafas, terjadi bila sakit TBC sudah parah.
  • Nafsu makan turun di karenakan intensitas makan menurun, kondisi tubuh makin melemah dan berat menurun.
  • Demam ringan disertai keluarnya keringat.
  • Batuk berdahak, batuk lebih dari 3 minggu. Jika sudah parah maka akan disertai darah.

PENYEBAB TBC (Tuberculosis)

Ada yang menyebabkan penyakit ini adalah karena adanya bakteri yang menyerang kepada penderitanya dan bakteri ini dapat masuk ke dalam tubuh penderitanya melalui udara. Dan jenis bakteri ini adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis, Mycobacterium bovis atau Mycobacterium africanum. Yang mana bakteri tersebut apabila tidak di tangani dengan cepat maka dapat berakibat fatal bagi penderitanya dan tentunya saja bukan hal yang tidak mungkin apabila penderita mengalami kematian apabila penyakit ini bertambah parah.

Terima kasih atas kunjungannya, semoga informasi pada artikel saya yang berjudul PENGERTIAN PENYAKIT TBC SERTA APA SAJA TANDA GEJALA AWALNYA ini bisa bermanfaat untuk orang banyak.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About